jump to navigation

PENULISAN PROPOSAL 5 Desember 2007

Posted by ai susanto in OSIS.
trackback

ISI PROPOSAL

1. Pendahuluan / Latar Belakang
Berisi kata pengantar yang disampaikan untuk memberikan gambaran tentang sesuatu yang di-proposal-kan.

2. Nama Kegiatan
Berisi nama kegiatan yang akan diselenggarakan, misal : MOS 2005.

3. Tema Kegiatan
Berisi tema dari kegiatan yang akan diselenggarakan.

4. Dasar Pemikiran / Dasar Pelaksanaan
Berisi hal-hal mendasar yang melandasi diadakannya suatu kegiatan. Misalnya saja seperti :
a. Melihat situasi dan kondisi sesuatu yang di-proposal-kan, misalnya seperti bangunan sekolah yang sudah rusak dan untuk segera direnovasi.
b. Surat dari pimpinan/kepala sekolah tentang sesuatu hal untuk dilaksanakan.
c. Hasil rapat-rapat
d. Program Kerja.

5. Tujuan
Berisi tujuan diadakannya kegiatan.

6. Bentuk Kegiatan

7. Sasaran / Peserta
Berisi pihak yang dikenai kegiatan.

8. Waktu dan Tempat Kegiatan
Berisi hari, tanggal, waktu, serta tempat dilaksanakannya kegiatan.

9. Susunan Panitia
Berisi susunan panitia penyelenggara kegiatan.

10. Rencana Kegiatan
Berisi rangkaian kegiatan yang direncanakan dari awal acara hingga akhir acara.

11. Rencana Anggaran
Berisi rencana anggaran untuk menyelenggarakan suatu kegiatan;
a. Pemasukan : memuat dari mana sumber biaya dan besarnya anggaran yang diperoleh.
b. Pengeluaran : memuat pos-pos pengeluaran dan besarnya anggaran yang dikeluarkan.

12. Pelaporan
Berisi komitmen dari kepanitiaan mengenai batas waktu menyusun laporan.

13. Penutupan
Berisi harapan dari penyelenggara agar kegiatan dapat berjalan dengan baik dan sukses

Catatan :
Apabila acara yang diselenggarakan direncanakan melibatkan pihak ketiga (sponsor), maka sebaiknya juga dilampiri dokumentasi kegiatan (foto atau VCD) serupa yang pernah diselenggarakan sebelumnya (apabila pernah menyelenggarakan).

PROPOSAL SPONSORSHIP

1. Pendahuluan
Berisi kata pengantar yang disampaikan untuk memberiklan gambaran mengenai kerjasama yang dilakukan oleh panitia kepada pihak ketiga (sponsor).

2. Ketentuan Sponsorship
Berisi mengenai ketentuan-ketentuan sponsorship, seperti tentang batas akhir penyerahan materi sponsorship, pembatalan sponsorship, dsb.

3. Bentuk Kerjasama Sponsorship yang ditawarkan
Berisi paket-paket promosi yang ditawarkan kepada pihak ketiga (sponsor).
Seperti : Sponsor Tunggal, Sponsor Utama, Sponsor Kedua, dst.
Termasuk juga media/bentuk sponsorship yang ditawarkan kepada pihak ketiga (sponsor).

4. Detail Spesifikasi Sponsorship yang ditawarkan.
Berisi spesifikasi bentuk sponsorship yang ditawarkan.
Seperti : spanduk, leaflet, dsb serta ketentuan teknis mengenai bentuk sponsorship tersebut, seperti ukuran ruang sponsor, bahan yang dipergunakan, warna, harga, jumlah, harga, pemasangan, penyedia materi, dan yang penting keuntungan yang diperoleh oleh sponsor. Dsb.

Catatan :
Isi proposal harus disusun menarik, baik penampilan maupun isinya, sehingga orang yang membacanya dapat mengerti dengan mudah dan tertarik dengan isi atau apa yang akan ditawarkan.

COVER PROPOSAL

1. Cover proposal dibuat semenarik mungkin, sehingga dapat menarik perhatian dari pihak yang diberi proposal (sponsor).
2. Cover harus memuat Nama keigatan dan bentuk kegiatan yang diselenggarakan sehingga pihak sponsor tahu apakah kegiatan yang diselenggarakan itu ‘parade band’, ‘pentas seni’, ‘lomba karya ilmiah’ atau kegiatan lain. Selain itu juga memuat tanggal pelaksanaan dan pihak yang menyelenggarakan kegiatan.

About these ads

Komentar»

1. admin - 28 Oktober 2008

gue copy. makasih sebelumnya

kahlilpooh:
monggo…. silakan saja di copy mas…..

2. admin - 28 Oktober 2008

kalo keberatan gue gak jadi copy dah.. dan saran buat lo gak usah bikin artikel di blog lo hehehehe… :)

kahlilpooh:
maksudnya apa sih………..????????????????

3. zulkifli - 3 Desember 2008

gue copy ya
thank

kahlilpooh:
silakan, semoga bermanfaat

4. prayito - 4 Desember 2008

ajari aku membimbing osis donk

kahlilpooh:
semoga materi2 yang ada disini bisa membantu kamu dalam membimbing osis di sekolah kamu…

5. wahyudi - 5 Februari 2009

tolong donk contoh proposal program kerja untuk jangka pendek dan jangka panjang ………… thank’s

6. boghen - 7 Maret 2009

sebelum menyusun propsal alangkah baiknya kita membuat kerangka proposal event yang akan kita selenggarakan. Pembuatan kerangka proposal akan mempermudah penyusunan, baik redaksional maupun tatannanya, selain itu juga akan meminimalisir kesalahan atau kekurangan penginputan data yang diperlukan untuk dicantumkan dalam proposal kita.

Agar dapat menyediakan informasi yang memadai sesuai kebutuhan calon sponsor, sebuah proposal harus mengandung bagian-bagian beriku ini :

http://www.12-monkeys.com/2009/02/08/membuat-proposal-yang-ok/

7. memei - 25 Maret 2009

thank about your proposal good luck ok……..could you teach me about this…………………….

8. memei - 25 Maret 2009

may i copy your proposal……………….bunk…..

9. eya - 9 Agustus 2009

makacih yah….

10. mursaidin albantani - 24 Agustus 2009

mantap…

11. kleta - 29 Agustus 2009

kyknya itu bukan contoh proposal deh

tp lebih ke pengertian proposal

12. iteung - 20 Oktober 2009

makasih informasinyaya..

13. agnes - 20 September 2010

kurang rinci

14. abdoel - 6 November 2010

aq copy ya,,,,
ma kasih bgt…

15. ayunia heritawati - 27 Maret 2011

alhamdulillah….
dapat petunjuk cara membuat proposal

16. ajrin - 5 Mei 2011

heheheheheheheheheehehehehe
semoga sukses. . . .

17. ajrin - 5 Mei 2011

suksesss. . . . .

ajrin - 5 Mei 2011

iyoi. . .

syam - 20 Juli 2011

cara buat proposal gmna ‘y


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: