jump to navigation

Lomba TUB & BB SMA/SMK/MA Tingkat Kota Magelang Tahun 2008 17 Februari 2008

Posted by ai susanto in Kepemudaan, OSIS, Paskibra(ka).
trackback

Tahun ini saya dan adik-adik PPI kembali dipercaya sebagai panitia pelaksana Lomba Tata Upacara Bendera dan Baris Berbaris SMA/SMK/MA Tingkat Kota Magelang. Tidak hanya sebagai panitia pelaksana, kami juga diminta me-monitoring latihan dari peserta lomba.

Selama 3 kali dipercaya dalam mengelola dan melaksanakan lomba TUB dan BB di Kota Magelang, baik Tingkat SMP maupun SMA kami selalu menjunjung tinggi profesionalitas, netralitas dan obyektivitas sebagai panitia pelaksana. Tidak pernah terbersit sedikitpun dalam benak kami untuk berpihak dan/atau memihak kepada salah satu tim. Misi kami dalam melaksanakan lomba ini adalah demi peningkatkan kualitas kegiatan tersebut di Kota Magelang. Jadi siapapun pemenang dari lomba adalah murni penilaian dari dewan juri yang dipilih secara selektif, profesional dan memiliki kemampuan yang memadai dalam bidangnya. Sehingga penilaian yang diberikan benar-benar obyektif, reliabel dan valid.

Pun demikian dalam program monitoring yang kami laksanakan pada lomba kali ini. Tim monitoring ditunjuk oleh tim, berdasarkan kemampuan dan tanggung jawab dari person tersebut. Selain itu kepada person yang ditunjuk menjadi petugas monitoring juga tidak diperbolehkan melatih dan memonitoring sekolah sendiri, meskipun sudah alumni.

***

Bila pada 2 tahun yang lalu peserta lomba hanya 16 sekolah maka pada tahun ini melonjak menjadi 24 sekolah (dari 30 sekolah – SMA/SMK/MA Negeri/Swasta- yang ada di Kota Magelang.

Satu sisi memang hal ini menandakan pertanda yang positif, karena tingkat partisipasi dari peserta meningkat. Namun disisi lain panitia pelaksana bisa diprediksikan akan ‘kelabakan’. Karena sebenarnya kapasitas kemampuan yang disiapkan dari panitia pelaksana hanyalah untuk 20 tim peserta lomba. Namun demikian, karena memang partisipasi dari peserta yang demikian banyak maka kamipun juga harus menata strategi dan mengatur pembagian kerja serta menambah beberapa personil sebagai panitia pelaksana.

Meskipun lomba masih dilaksanakan pada 18 dan 19 Maret 2008 namun panitia pelaksana telah mengadakan sejak 11 Februari 2008 kemarin. Pada 11 februari yang lalu diadakan temu teknis antara panitia, dewan juri dan peserta lomba. Sementara pada saat ini (dimulai dari tanggal 13 sampai dengan 23 februari yang akan datang) panitia pelaksana mengadakan monitoring ke peserta lomba untuk mengetahui perkembangan latihan peserta dan memberikan ‘koreksi’, ‘masukan’ apabila dalam latihan masih ada yang kurang sesuai dengan hasil temu teknis.

Untuk mengetahui lebih lengkap masalah lomba dapat dilihat di Weblog Lomba TUB dan BB Tingkat Kota Magelang

Ada beberapa hal yang bisa menjadi bahan evaluasi bagi kami, beberapa diantaranya adalah mengenai pemahaman yang masih beraneka ragam antar peserta dengan hasil temu teknis. Pemahaman yang terasa masih timpang adalah tentang TUB, dimana terkadang karena pelatih dari peserta lomba berasal dari TNI maka ada beberapa perbedaan pendapat antara TUS dan TUM. Sehingga kadang pada saat monitoring masih terjadi ‘adu pendapat’ mengenai ketentuan yang ada….

“Hal ini seharusnya harus menjadi kesadaran bersama bahwa TNI/POLRI memang memiliki peraturan upacara militer sedangkan sekolah juga memiliki aturan upacara bendera di sekolah yang dikeluarkan oleh departemen pendidikan nasional. Lomba ini juga merupakan lomba Tata Upacara Bendera di Sekolah, jadi ya tentunya aturan yang dijadikan pedoman adalah ketentuan upacara bendera di sekolah yang dikeluarkan oleh departemen pendidikan nasional”

Lomba TUB dan BB SMA/SMK/MA ini, seperti tahun sebelumnya juga dipersiapkan sebagai ajang seleksi untuk lomba serupa di tingkat Eks. Karesidenan Kedu dan Provinsi Jawa Tengah. Tim manapun yang menjadi juara 1 berhak mewakili Kota Magelang dalam lomba TUB dan BB Tingkat EKs. Karesidenan Kedu. Sedangkan siapapun yang nantinya menjadi juara 1 Tingkat Eks. Karesidenan Kedu berhak maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah untuk mewakili eks. karesidenan kedu.

Perlu diketahui juga bahwa pada 2 tahun yang lalu Kota Magelang yang diwakili SMA NEgeri 1 Magelang berhak mewakili Eks. Karesidenan Kedu dalam Lomba di TIngkat PRovinsi Jawa Tengah dan berhasil membawa pulang Trophy Juara III dan Pemimpin Upacara Terbaik.

Semoga di tahun ini Kota Magelang dapat mengulang dan meningkatkan prestasi yang telah diraih pada tahun yang lalu…

Kepada peserta, SELAMAT BERLATIH, JUNJUNG TINGGI SPORTIVITAS…

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: