jump to navigation

Sekelumit Lomba TUB dan BB Tingkat Kota Magelang 24 Maret 2008

Posted by ai susanto in OSIS, Paskibra(ka).
trackback

Lihat Foto di FLickr

Setelah pada hari Minggu, 16 Maret 2008 dilaksanakan uji coba maka pada Selasa dan Rabu, 18 dan 19 Maret 2008 yang lalu terselenggaralah Lomba Tata Upacara Bendera dan Baris Berbaris SMA/SMK/MA Tingkat Kota Magelang Tahun 2008. Apabila pada awalnya peserta lomba sebanyak 26 sekolah, maka pada saat pelaksanaan lomba tercatat hanya 24 peserta yang melaksanakan lomba. 2 peserta mengundurkan diri karena satu dan lain hal.

Lomba pada kali ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Magelang dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Magelang Dr. S. Budi Prasetyo, M.Si. Dalam sambutannya sebelum membuka lomba secara resmi Kepala Dinas Pendidikan menyatakan bahwa ada 3 aspek penting dalam pelaksanaan lomba TUB dan BB, yaitu aspek kecerdasan, kekuatan fisik dan kreativitas. Sebelum mengakhiri sambutannya Kepala Dinas juga menyampaikan pesan kepada para peserta agar dapat berlomba dengan sportiv dan juga menunjukkan kemampuan terbaiknya. Kepala Dinas berharap dalam lomba kali ini prestasi yang telah diraih pada waktu yang lalu dapat dipertahankan dan bahkan bisa ditingkatkan.

Selama 2 hari pelaksanaan lomba, alhamdulillah dapat berjalan dengan lancar meskipun selama 2 hari tersebut sempat diguyur hujan yang lumayan lebat.

***

Secara umum lomba pada tahun ini lebih baik daripada tahun sebelumnya. Baik dari sisi pelaksanaan lomba maupun kualitas dari peserta. Pelaksanaan lomba pada kali ini semakin ketat dari sisi ketentuan dan juga semakin mendekati kondisi sebenarnya dengan lomba di provinsi, bahkan untuk beberapa hal panitia berani menyatakan bahwa kualitas di kota lebih baik daripada di provinsi.

Berikut adalah hasil dari lomba (untuk hasil lengkap dan nilai dari masing-masing peserta dapat dilihat di weblog lomba magelang)

– Juara I SMA NEGERI 1 MAGELANG
– Juara II SMK NEGERI 1 MAGELANG
– Juara III SMA NEGERI 3 MAGELANG

– Kontingen Upacara Bendera SMA NEGERI 1 MAGELANG
– Kontingen Baris Berbaris SMA NEGERI 1 MAGELANG

– Pembina Upacara dan Pembawa Teks Pancasila SMA NEGERI 1 MAGELANG
– Pengatur Upacara SMA NEGERI 1 MAGELANG
– Pembawa Acara SMA NEGERI 1 MAGELANG
– Pemimpin Upacara SMA NEGERI 1 MAGELANG
– Pembaca Naskah Pembukaan UUD 1945 SMA NEGERI 1 MAGELANG
– Kelompok Pengibar Bendera SMA NEGERI 1 MAGELANG
– Pemimpin Lagu dan Kelompok Paduan Suara SMA NEGERI 1 MAGELANG
– Pembaca Do’a SMA NEGERI 1 MAGELANG
– Ketua Barisan SMA NEGERI 1 MAGELANG

– Pemimpin Pasukan Baris Berbaris SMK NEGERI 1 MAGELANG

Juara lomba kali ini memang masih dipegang oleh SMA Negeri 1 Magelang dengan berbagai kategori. Namun demikian peta kekuatan dari peserta lomba kali ini sangat ketat. Banyak sekali sekolah yang mengalami peningkatan kualitas secara signifikan, meskipun beberapa sekolah mengalami penurunan. Sekolah yang baru pada tahun ini menjadi peserta lomba pun cukup menjadi kejutan, karena mampu tampil dengan sangat baik.

Berikut adalah tabel perbandingan antara lomba Tahun 2006 dan 2008.

Tabel Perbandingan

Rerata nilai lomba pada tahun 2008 pun mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingan dengan tahun 2006 yang lalu. Hal inilah yang sangat diharapkan oleh panitia. Dimana selain peserta yang sudah meningkat, pemahaman dari peserta mengenai lomba pun semakin merata.

Ke depan berbagai upaya, seperti; monitoring, sosialisasi, pelatihan melalui berbagai kegiatan akan diupayakan dilaksanakan secara kontinyu dan beerkesinambungan. Sehingga pemahaman dan penguasaan dari peserta akan semakin meningkat. Harapannya lomba di tahun mendatang persaingan yang terjadi akan semakin kompetitif sehingga prestasi yang diraih dapat merata. Bahkan diharapkan akan muncul juara-juara baru.

Kota Magelang sejak tahun 2005 yang lalu mentargetkan untuk dapat selalu menjadi Juara di Tingkat Karesidenan Kedu dan maju ke tingkat Provinsi setiap tahunnya, baik jenjang SMA maupun SMP. Pada tahun 2010 sampai 2012 diharapkan Kota Magelang telah mampu mengirimkan perwakilannya sebanyak 2 tim untuk lomba di tingkat Provinsi untuk jenjang SMP maupun SMA. Artinya apa? Kota Magelang harus mampu meraih juara 1 dan 2 tingkat provinsi!!!

Untuk mewujudkan hal tersebut maka sudah semestinya lomba di tingkat kota dilaksanakan dengan kualitas yang sangat prima. Agar peserta mampu berkompetisi secara maksimal dan mampu menghasilkan juara-juara yang benar-benar berkualitas. Mulai tahun ini lomba TUB dan BB untuk jenjang SMP dan SMA di Kota Magelang dilaksanakan setiap tahun. Hal tersebut sudah barang tentu untuk mendukung peningkatan kualitas dan prestasi yang diharapkan.

Selamat kepada Juara I yang berhak mewakili Kota Magelang dalam lomba di tingkat Karesidenan Kedu yang akan diselenggarakan di Kebumen pada tanggal 3 Mei 2008 yang akan datang…

Sesuai dengan amanat dari Kepala Dinas Pendidikan dalam sambutannya saat upacara pembukaan lomba :

Pada tahun 2006 Kota Magelang telah mampu meraih Juara III dan Pemimpin Upacara Terbaik. Prestasi yang telah diraih untuk dipertahankan. Harapannya bahkan bisa ditingkatkan (tentunya ditingkatkan menjadi Juara I atau Juara II tingkat provinsi Jawa Tengah).

Kepada Tim SMA Negeri 1 Magelang, seluruh peserta lomba telah mempercayakan kepada kalian untuk mewakili Kota Magelang dalam lomba di tingkat Karesidenan Kedu. Kepercayaan dan amanah yang telah diberikan mohon untuk dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya…

Jangan kecewakan Kota Magelang…

Selamat Berlatih…!!!!!

Komentar»

1. aak_gooh - 24 Maret 2008

wah Kota Magelang sudah mulai ramai yak Pengibar Benderanya, udah mulai bayak peserta lombanya, hasil lomba juga menunjukkan peningkatan yg signifikan, para juara harus mulai berhati2 dengan temen2 yg laen. buat abang2 yang udah ngehidupin suasana pengibar bendera di KOta Magelang terima kasih banyak, matur nuwun, semoga ke depan kita berjaya.

2. tama - 6 Agustus 2008

besok untuk lomba tub n pbb tingkat SMA/SMK/MA nya mau dilaksanakan dimana nih tahun 2010?? n gi mana sih tanggapan dari panitia ttng smk n 1 magelang????????????????? thanks

kahlilpooh:
Untuk lomba 2010 belum diketaui lomba akan dilaksanakan dimana, bisa jadi masih kembali dilaksanakan di SMK N 1 Magelang.
Tanggapan tentang apa niiih? Tentang peserta lomba? Sudah banyak perkembangan, hanya perlu tambahan “jam terbang” lagi…..

3. anit - 29 Maret 2009

aku sebagai seorang pelajar sangat kagum dengan magelang, bisakah tidak hanya paskib yang di post tapi juga tim basketnya? please. .

Kahlilpooh:
Mohon maaf untuk sementara mengenai tim basket belum dapat kami tampilkan

4. dita - 8 Januari 2010

lalu untuk tahun 2010 ini apakah akan diadakan lagi?

5. dita - 8 Januari 2010

apakah surat ttg lomba sudah dikirim ke sekolah masing-masing?

6. rendi - 15 Januari 2010

Aduh.,.SMP saya spertinya kalah karena ad kecurangan.,.,tpi saya tidak tahu.Sekilas melihat SMP 2 Temanggung tidak begitu bagus tpi kok bisa juara 1 ???
Stelah itu pelatih n slah satu juri ad yg bjabat tangan stleah itu berfoto bersama itu nmnya gk Fer.,.Moho besuk2 lagi juri tidak dari guru smp tetapi dari AKMIL.,.
(Hanya Menyarankan)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: