jump to navigation

2 MEI : Hari Pramuka atau Hari Pendidikan? 4 Mei 2008

Posted by ai susanto in Kepemudaan, OSIS, Paskibra(ka), Pendidikan.
trackback

Jum’at, 2 Mei 2008 yang lalu iseng-iseng saya berkeliling ke beberapa sekolah yang ada di magelang, mulai dari SD, SMP dan SMA.

Dalam pemikiran saya, 2 Mei itu diperingati sebagai Hari Pendidikan dan biasanya dilaksanakan upacara bendera untuk memperingatinya. Namun disaat berkeliling tersebut saya menjadi bingung, lho?! tanggal 2 mei itu hari pendidikan atau hari pramuka to ya? kok yang upacara (pejabat, petugas dan peserta upacara) memakai pakaian pramuka ya…?

Mengapa saya berargumen demikian, karena :
1. Berdasarkan keputusan Dirjen Dikdasmen Depdikbud No. 100/C/Kep/D/1991 tentang Penyempurnaan Keputusan Dirjen Dikdasmen No. 052/C/Kep/D.82 Pasal 9 ayat (2) dijelaskan bahwa “Pakaian Seragam Sekolah untuk Upacara Bendera, berupa pakaian Seragam Harian ditambah dengan menggunakan topi pet”, kemudian Pasal 12 ayat (1) berbunyi “pakaian seragam sekolah dikenakan setiap hari belajar kecuali hari jum’at” dan ayat (2) berbunyi “pada hari jum’at siswa mengenakan pakaian bebas rapih, sopan dan sederhana”.
2. Berdasarkan juklak upacara bendera di sekolah tahun 1997 yang dikeluarkan depdikbud juga dijelaskan bahwa pakaian upacara bendera tiap hari senin/sabtu dan peringatan hari besar adalah mengenakan pakaian seragam sekolah ditambah dengan topi pet (sesuai dengan keputusan dirjen dikdasmen no. 100/C/Kep/D/1991)
3. Dalam pemikiran saya pakaian seragam pramuka itu bukan pakaian seragam sekolah namun pakaian seragam organisasi, hanya selama ini di-‘amin’-i sebagai seragam sekolah.

Berikut adalah gambar seragam SD sampai SMA :

Semoga memang persepsi saya yang salah! 2 MEI tetaplah diperingati sebagai HARI PENDIDIKAN. TOh itu hanya sebuah seragam. Namun ‘hanya’ seragam tetaplah berarti…..

Komentar»

1. Apink - 8 Juni 2008

Betull pendapat sampeyan mas, saya juga sering ngerasa kalo ada sedikit arogansi yang ditunjukkan disana! kenapa tidak? coba kalo seperti itu kan setiap organisasi bisa gunain seragam organisasinya,..apalagi dikawasan Jawa Barat (atau seluruh Indonesia) hari senin diwajibkan memakai seragam Coklat-coklat untuk Upacara dan belajar(sekolah), lha emang seragam anak sekolah itu apa??!!! tolong para pihak terkait lebih diperhatikan, kalau pengen generasi yang taat aturan, ya contohin ketaatan itu,..jangan sampai contoh yang salah ini diteruskan. anak jaman sekarang ga bisa dipaksakan jadi pramuka kabeh,…lagipula banyak organisasi sekolah laen yang ga kalah ama pramuka,…..

kahlilpooh:
intinya bukan pemaksaan memakai baju pramuka, namun tidak pada tempatnya apabila pakaian baju pramuka dikenakan pada upacara peringatan hari besar nasional di sekolah.

2. sardulo - 22 Juli 2008

ada perbededaan antara seragam pramuka dan baju pramuka. yang di pakai dalam sekolah setiap hari jum’at adalah baju pramuka karena tidak mengenakan atribut yang lengkap, sedangkan yang di namakan seragam pramuka adalah baju itu di kenakan dengan atribut lengkap (setangan leher, baret/topi rotan). pemahaman yang salah itulah yang selama ini beredar di masyarakat di karenakan kurang pahamnya akan pramuka. silakan baca anggaran dasar dan rumah tangga gerakan pramuka serta SK & PP mengenai seragam pramuka lengkap.thx

Kahlilpooh :
Terima kasih mas atas penjelasannya… Hanya saja seragam pramuka atau baju pramuka tetaplah bukan seragam atau baju sekolah…

3. misgi - 15 Agustus 2008

Mengenai Hari Pendidikan. UU Sisdiknas : jalur pendidikan ada 3 (formal di sekolahan, nonformal seperti pendidikan keterampilan dan kepramukaan, informal di keluarga dan lingkungan tempat tinggal), Tanggal 2 Mei adalah Hari pendidikan bukan hari Pengajaran sehingga setiap orang yang merasa menjadi bagian dari Sistem Pendidikan termasuk Pramuka dan Orang Tua (siapapun yang merasa) sewajarnya merasa ingat dan ikut memperingati Hari Pendidikan.
Mengenai pakaian. Adanya baju pramuka di sekolah adalah hasil dari kebijakan pihak-pihak yang mampu mengendalikan sekolahan. Kepramukaan adalah sukarela tetapi sekolah sangat banyak yang mewajibkan ekskul kepramukaan dan menetapkan pakain apa saja yang dipakai di sekolahan.
Menganai keduanya. Gerakan Pramuka sebagai sebuah organisasi tidak pernah meminta siswa untuk memakai seragam Pramuka pada Hari Pendidikan (kalau meminta anggota Gerakan Pramuka, bisa). Walau Gerakan Pramuka tidak mengharuskan kepsek untuk menjadi Ka Mabigus dan guru untuk menjadi pembina, kenyataannya banyak sekolahan yang menerapkan demikian. oleh karena itu, dengan kesediaannya menjadi pembina dan ka mabigus dan adanya anggota gerakan pramnuka di sekolah tersebut, mereka menjadi bagian gerakan pramuka dan boleh menggunakan seragam pramuka. ketika mereka sebagai seorang insan pendidikan nonformal kepramukaan ingin memperingati Hari Pendidikan, wajar mereka menggunakan seragam pramuka.
Semoga kekurangan kebijakan tidak melunturkan semangat adik-adik kita untuk mencitai bangsanya.

kahlilpooh:
Sepakat, hanya yang kami garis bawahi disini adalah bahwa peraturan pelaksanaan peringatan upacara bendera di sekolah adalah mengenakan pakaian seragam OSIS. Terima kasih. mohon maklum

4. misgi - 15 Agustus 2008

mohon maaf, Pramuka bukan organisasi sekolah, Gerakan Pramuka memiliki jalur dan struktur organisasi sendiri, seharusnya surat edaran kemah pramuka kepada orangtua ditandatangani oleh pembina dan memakai cap/stempel gugusdepan.

kahlilpooh:
memang demikian seharusnya mas. Sekolah hanya sebagai lokasi gugus depan saja

5. amin - 14 Oktober 2008

sampeyan ini maunya opo?tanya aja dulu ama yang bertanggung jawab di upacara tersebut….baru komentar…..jangan mendeskriditkan pramuka sebagai organisasi besar

kahlilpooh:
maaf mas, kami tidak mendeskriditkan pramuka, justru karena nama besarnya pramuka itulah maka kita harus menjaganya…

6. amin - 14 Oktober 2008

mas, paskibra itu organisasi baru kemaren sore…jadi coba tahan diri untuk tidak memprovokasi organisasi lain….andakan mempermasalahkan seragam….jangan organisasinay donk dibawa-bawa….sebaiknya anda hubungi induk organisasi di magelang tepatnya kwarcab setempat…tanya apa ini kebijakan induk organisasi atau bukan…nah kalo itu kebijakan lokal baru anda ingatkan ke organisasi induk bahwa itu ngga pas…artinya ada penyalahgunaan…jangan melempar isu di media maya….ingat lho pramuka bukan cuma ada di magelang…di dunia juga ada…tapi apa paskibra ada di negara laen?ngga ada mas cuma ada di Indonesia, jadi ati2 ya kalo mau angkat komentar

kahlilpooh:
waduh mas……… kami tidak berusaha memprovokasi…. mungkin malah komentar panjenengan ini bisa memprovokasi…. selama ini justru kami berhubungan baik dengan kwarcab dan dkc kota magelang, bahkan saling bekerjasama dalam beberapa kegiatan…… ini hanyalah sebuah retrospeksi dan introspeksi mas…. bukan melempar isu di dunia maya atau berdasarkan rasa ketidaksukaan terhadap pramuka… dan kami tidak pernah mempersoalkan organisasi pramuka, namun kami hanya meluruskan bahwa sekolah adalah tempat gudep pramuka berada…. mohon bisa dimengerti dan dipahami…..

7. nopri - 23 November 2008

law gtu sragam pramuka nggk wajb d pkai dong……………………..

kahlilpooh:
hmmmmmm…..

8. mina - 27 November 2008

mang betul tuh seragam sekolah ya memang lain dengan seragam organisasi.dari dulu seragam SD merah putih,SMP biru putih,SMA abu2 putih gitu looohhh..
mas amin,siapa bilang paskibra organisasi baru kmaren sore!!..lha wong usianya sama sampeyan aja tua’an paskibra tohh??jgn2 sampeyan inih mantan anggota paskibra/pramuka yah?tapi kog ya ndak bisa sedikit legowo atine alias gampang terprovokasi,ndak seperti seharusnya anggota paskibra/pramuka dididik..maaph loh mas..

kahlilpooh:
pramuka dan paskibraka adalah sama2 organisasi yang berbhakti kepada ibu petiwi indonesia…

9. Andrew - 1 Desember 2008

waduh mas aku kagum sama sampean ampe aku g bisa ngasih komentar apa-apa! tp sing penting I Love Pramuka! tetap jayalah pramukaku! Bravo PRAMUKA!

kahlilpooh:
matur terima kasih

10. dwi - 2 Desember 2008

sebelumnya maaf mas….sbenarny anda2 ini ingin adu mulut atau ap??
Memang paskibra mungkin lbh muda usiany drpd pramuka.tp cb anda lihat dr segi maknany.kita sbg generasi muda harusny lbh mencintai tanah air sbg wujud rasa nasionalisme kita.
Pengibaran sang saka merah putih sbg bentuk bahwa kita cinta tanah air.
Dari perbedaan2 itu hrsny kita meluruskan bukannya melempar caci maki thd organisasi masing2.
Mgkn hal trsebut perlu dipertimbangkan kembali.
Thank’s
I love paskibra
Paskibra is my life

kahlilpooh:
mari kita sikapi dengan hati yang lapang dan pikiran yang jernih dan kepala dingin…
disini kita tidak membanding2kan siapa yang baik dan mana yang kurang baik…
kita disini sama-sama untuk membangun dan bercara karya untuk ibu indonesia…

11. Putera Borneo Kalimantan Barat - 2 Desember 2008

Cuma seragam jadi masalah??
Menonjolkan organisasi cuma untuk cari sensasi??
Itu era zaman batu.
Saya sbg generasi bangsa yg cinta tanah air dan berjiwa nasionalime dari kalimantan barat sungguh malu.
Anda bilang paskibra baru lahir kemarin sore??
Anda tdk ingat saat Latief Hendraningrat & Suhud mengibarkan bendera pertama kali??
Bagaimana susahnya para pejuang mengibarkan sang merah putih nan gagah perkasa seiring dengan desingan amunisi melesat tajam??
Bagaimana ibu pertiwi menangis saat generasi muda seperti kita hanya menonjolkan organisasi pribadi yg sbnarnya tdk layak utk d perdebatkan, karena hanya akan memecah belah persatuan.
Coba anda renungkan itu!!!

kahlilpooh:
mari kita sikapi dengan hati yang lapang dan pikiran yang jernih dan kepala dingin…

12. emanuel - 18 April 2009

bener gw jg pkr tgl 2 m3i hari pendidikan nasional tapi waktu gw ke smp hanya gw hanya yang ada itu pramuka yang ada berarti gw pkir hari pramuka tapi kata Ayah qu hari inihari pendidikan baru gw ma ayah ko guwe gak tau …

13. riska septiani - 30 November 2009

saya kurang setuju kalau baju pramuka dipakai sebagai pakaian seragam sekolah.jika peraturannya terus seperti itu maka yang ada permusuhan antara paskibra dan pramuka yg telah berlangsung lama akan semakin “meruncing”,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

14. olivia danniel - 14 Februari 2010

hmmmmmmm,,,,,
lagian juga baju pramuka tuh jorok.buat apel yg itu,buat rapat yg itu,buat dirayapin juga itu.pramuka miskin bgt c,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

15. Accher - 21 November 2010

Mas, minta dong file Dirjen Dikdasmen Depdikbud No. 100/C/Kep/D/1991

boleh yah???? mintol dikirim ke yasin.acctink@gmail.com

16. Tri - 18 April 2011

Sedih membaca perdebatan seperti ini.. yang mencela pramuka tidak kenal pramuka secara mendalam, yang mencela paskibraka juga tidak mengenalnya secara mendalam. Saran saya kalau kita kenal dengan baik kita menjadi mengerti.
Pramuka merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional, soal seragam atau baju yg dipakai upacara bendera di sekolah itu otonomi penuh pihak sekolah..
(Tri@purna paskibraka “91 & anggota Korps Pelatih Pembina Pramuka Riau)

17. uwes bacut edan - 18 Februari 2016

Rodo ra cerdas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: